PENGAPLIKASIAN JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA AYAM TERNAK BROILER MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION

ROHUL, IMAN (2024) PENGAPLIKASIAN JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA AYAM TERNAK BROILER MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA ROHUL IMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Jurnal .pdf

Download (320kB)

Abstract

Jaringan syaraf tiruan telah banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai macam permasalan manusia, salah satunya adalah sistem pengambilan keputusan. Jaringan syaraf tiruan dapat diterapkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang kesehatan. Dalam penelitian ini jaringan syaraf tiruan digunakan untuk mengidentifikasi penyakit pada ayam ternak broiler. Penyakit – penyakit pada ayam meliputi salmonella, cocidiossis, dan new castle disease. Identifikasi penyakit pada ayam berdasarkan data gambar atau citra dari penyakit-penyakit ayam. Aplikasi jaringan syaraf tiruan ini menggunakan arsitektur jaringan 2 buah input, 3 buah hidden layer, dan 2 buah output. Metode yang digunakan adalah backpropagation atau propagasi error. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 700 data gambar atau citra dari kotoran ayam. Data pada penelitian ini di dapat dari Kaggle. Kaggle merupakan sebuah situs yang menyediakan banyak dataset. Pada proses perediksi dengan jumlah data 400, iterasi 100, dan nilai alpha 0.3 diperoleh hasil akurasi pengjuian yaitu 58% . Pada jumlah data 500, iterasi 500, dan nilai alpha 0.5 diperoleh hasil akurasi pengjuian yaitu 83%. Pada jumlah data 300 dengan iterasi 1000, dan nilai alpha 0.9 diperoleh hasil akurasi pengjuian yaitu 90%. Hasil prediksi dan identifikasi jaringan syaraf tiruan dipengaruhi oleh jumlah data latih dan parameter yang digunakan. Semakin banyak data yang digunakan maka hasil akurasi yang diperoleh jaringan syaraf tiruan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ayam broiler, Penyakit ayam, Jaringan syraf tiruan, Backpropagation.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44374

Actions (login required)

View Item View Item