ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TAHU DI KOTA MATARAM

Nurhaedah, Nurhaedah (2024) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TAHU DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHAEDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Nurhaedah C1G118134.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tahu adalah salah satu jenis makanan yang dikenal secara luas dan digemari banyak orang sebagai salah satu makanan pelengkap. Tahu juga banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat di Kota Mataram khususnya karena rasanya yang enak dan memiliki berbagai manfaat. Selain itu harga yang lebih murah, masyarakat cenderung memilih tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani. Pada dasarnya, dalam mengkonsumsi suatu barang seperti halnya tahu, konsumen memiliki preferensi atau kesukaan terhadap beberapa atribut tahu, meliputi: kesegaran, kekenyalan, ukuran, warna dan harga. Penelitian tentang preferensi kosumen terhadap tahu menjadi penting dilakukan sehingga dapat menjadi umpan balik bagi produsen untuk dapat memproduksi dan menawarkan produknya lebih sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap tahu di Kota Mataram; (2) Untuk menganalisis atribut tahu dominan yang menjadi preferensi konsumen dalam pembelian tahu di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara langsung dengan responden. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli tahu di Kota Mataram. Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram yaitu di 3 pasar besar yaitu Pasar Mandalika, Pasar Cakranegara dan Pasar Kebon Roek yang ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa 3 pasar tradisional tersebut merupakan pasar terbesar di Kota Mataram. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen tahu. Jumlah responden ditentukan secara quota sampling sebanyak 30 orang yang terdistribusi masing-masing 10 orang responden di setiap pasar terpilih. Untuk mendapatkan responden dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Preferensi konsumen tahu di Kota Mataram terhadap atribut tahu secara berurutan adalah: kesegaran, kekenyalan, harga, ukuran, dan warna. (2) Atribut dominan yang menjadi preferensi konsumen tahu di Kota Mataram secara berurutan berdasarkan importance values adalah: kesegaran dengan 38,104; kekenyalan 19,937; harga 18,505; ukuran 12,378; dan warna dengan importance values 11,076. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disarankan: (1) Oleh karena atribut kesegaran menjadi prioritas utama konsumen dalam melakukan pembelian tahu, maka disarankan kepada produsen tahu di Kota Mataram untuk selalu menjaga “kesegaran” tahu yang ditawarkan. Selain itu “kekenyalan” dan “ukuran” tahu juga harus menjadi dasar operasi produksinya sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar; (2) Agar produsen tahu xi khususnya yang ada di Kota Mataram dapat lebih meningkatkan kualitas tahu yang dihasilkan maka disarankan kepada pemerintah dan perguruan tinggi serta pihak lain yang terkait untuk memberikan pembinaan kepada produsen tahu sehingga tujuan proses produksi bagi produsen dan konsumen dapat terpenuhi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Preferensi, Konsumen, Tahu, Konjoin
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Husnia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44376

Actions (login required)

View Item View Item