STUDI KOMPARASI ANTARA SEMEN PORTLAND DAN KERAMIK LANTAI SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE Comparative Study Between Portland Cement and Floor Ceramic as Filler in Asphalt Concrete-Wearing Course Mixture

PUTRA, LALU AGUNG ANJANI (2024) STUDI KOMPARASI ANTARA SEMEN PORTLAND DAN KERAMIK LANTAI SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE Comparative Study Between Portland Cement and Floor Ceramic as Filler in Asphalt Concrete-Wearing Course Mixture. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A118042-Lalu Agung Anjani Putra-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Material campuran Asphalt Concrete-Wearing Course yaitu agregat kasar, agregat halus, filler dan aspal sebagai bahan pengikat. Filler yang umum digunakan merupakan hasil produksi dengan jumlah yang terbatas, selain itu kebutuhan terhadap bahan pengisi semakin bertambah, sehingga perlu mencari bahan-bahan alternatif lain yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai bahan pengisi. Alternatif bahan pengisi yang digunakan yaitu keramik lantai yang memiliki kandungan bahan baku pembuatan hampir sama dengan semen portland seperti lempung, kaolin dan kuarsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta variasi perbandingan filler yang memenuhi spesifikasi terhadap karakteristik AC-WC. Metode penelitian dimulai dari pengujian bahan campuran, penentuan gradasi campuran dan nilai Pb, didapatkan nilai Pb yaitu 6,0% dengan rentang kadar aspal 5,0%, 5,5%, 6,0%, 6,5% dan 7,0. Nilai KAO sebesar 6,0%, yang dijadikan sebagai kadar aspal pembuatan benda uji menggunakan variasi perbandingan filler A1 (S 0%:100% K), B2 (S 25%:75% K), C3 (S 50%:50% K), D4 (S 75%:25% K) dan E5 (S 100%:0% K). Kemudian digunakan pengujian Marshall dan pengujian Immersion Test untuk mendapatkan nilai Indeks Kekuatan Sisa yang diuraikan berdasarkan tabel dan grafik batasan spesifikasi yang telah disyaratkan. Berdasarkan hasil sifat volumetrik dan sifat mekanik marshall penggunaan filler keramik lantai dapat meningkatkan atau menurunkan kemampuan campuran berdasarkan proporsi persentase penggunaannya. Hal ini menunjukkan penggunaan filler semen portland dan filler keramik lantai berpengaruh terhadap karakteristik campuran AC-WC. Penggunaan filler semen portland dan filler keramik lantai seluruh variasi perbandingan memenuhi spesifikasi, Proporsi persentase filler keramik lantai optimum adalah 25%, hal ini ditunjukkan dengan nilai Indeks Kekuatan Sisa tertinggi yaitu 98,49%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AC-WC, Filler Keramik Lantai, Filler Semen Portland, Marshall Test, IKS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:53
Last Modified: 30 Jan 2024 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44389

Actions (login required)

View Item View Item