ANALISIS PEMENUHAN HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH MERRY RIANA DALAM NOVEL ”MIMPI SEJUTA DOLAR” KARYA ALBERTHIENE ENDAH: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

AFRIANSYAH, ADE NORA (2016) ANALISIS PEMENUHAN HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH MERRY RIANA DALAM NOVEL ”MIMPI SEJUTA DOLAR” KARYA ALBERTHIENE ENDAH: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
COVER ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text (Bahasa Indonesia)
LAMPIRAN SKRIPSI 1-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text (Bahasa Indonesia)
ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah pemenuhan hierarki kebutuhan tokoh Merry Riana dalam novel Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemenuhan hierarki kebutuhan Tokoh Merry Riana dalam novel Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan, (1) Metode Studi Pustaka, (2) Teknik Baca Catat. Sedangkan metode dalam analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Analisis terhadap novel Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow ditemukan adanya lima kebutuhan bertingkat meliputi: kebutuhan fisiologis, kebutuhan dasar manusia yang paling mendesak antara lain kebutuhan makan, minum, istirahat, udara dan tempat tinggal. Kebutuhan rasa aman, kebutuhan yang mendorong individu untuk memperoleh ketentraman, kepastian, dan keteraturan dari keadaan lingkungannya sehingga ia memerlukan jaminan, perlindungan, ketakutan dan kecemasan. Kebutuhan dimiliki dan memiliki, kebutuhan yang mendorong individu untuk mengadakan hubungan efektif atau ikatan emosional dengan individu lain. Kebutuhan harga diri, adanya rasa penghargaan, prestasi, dan harga diri. Kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan ini tercapai apabila kebutuhan-kebutuhan di bawahnya telah terpenuhi dan terpuaskan, dalam mencapai aktualisasi diri ada delapan ciri-ciri yang akan dipenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Novel, Hierarki Kebutuhan, Humanistik Abraham Maslow.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 26 Aug 2017 05:08
Last Modified: 26 Aug 2017 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item