POLA INTERAKSI ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVOD-19 DI DESA DARMAJI KECAMATAN KOPANG

M. ZUL, MUHIBBAN (2024) POLA INTERAKSI ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVOD-19 DI DESA DARMAJI KECAMATAN KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_M._ZULMUHIBBAN_REVISI SETELAH SIDANG (2023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI ZULMUHIBBAN.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna: mengetahui pola interaksi orang tua dan anak dalam pendampingan belajar di masa pandemi covid 19 di Desa Darmaji Kecamatan Kopang Kabupatean Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi khasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penlitian ini yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) bentuk interaksi antara orang tua dan anak dalam pendampingan belajar di rumah pada masa pandemi covid 19 Hasil penelitian ini menemukan tiga bentuk interaksi orangtua dan anak dalam pendampingan belajar di rumah pada masa pandemic covid `19 yaitu: 1) Kerjasama dintandai dengan adanya bantuan yang di berikan oleh orangtua kepada anaknya dalam membantu anak belajar di rumah seperti mendampingi anak belajar, memberikan fasilitas belajar selama di rumah, membantu anak dalam belajar apabila ada kesulitan yang di alami anak selama belajar di rumah. Selama proses belajar anak selama di rumah, lebih mengarah kepada bentuk-bentuk kerjasama gotong royong. 2) Akomodasi ditandai dengan adanya tindakan dari orang tua untuk membantu anak dalam belajar di rumah misalnya memberikan arahan bagaimana menyelsaikan tuagas, memberikan hadiah pada anak sesudah selsai belajar, orang tua berusaha menciptakan suasana belajar yang nyaman kepada anak, memberikan kebutuhan selama belajar di rumah dan menemani anak selama belajar di rumah. 3) Konflik ditadai dengan adanya ketidak sesuaian yang di alami anak selama belajar di rumah seperti sering di marahi oleh orang tua selama belajar di rumah, diberikan hukuman apabila tidak bisa atau malas dalam belajar serta menyelsaikan tugas sehingga anak dalam belajar menjadi lebih sering tertekan, dan orang tua kebingungan dalam membantu bagaimana anak belajar di rumah, sehingga orang tua lebih sering memarahi anak pada saat tidak mau atau malas belajar. (2) pola pendampingan belajar anak di rumah pada masa pandemic covid 19. Hasil penelitian ini menemukan beberapa pla pendampingan yang diberikan orang tua kepada anak yaitu : 1) Pemberian bimbingan dan nasehat 2) Pengawalan dalam belajar 3) Menciptakan suasana belajar yang tenag dan tentram dan 4) Menujukan petunjuk-petujuk praktis. Selama proses pembelajaran yang dilakukan di rumah pendampingan yang diberikan oleh orang tua kepada anak di Desa Darmaji Kecamatan Kopang lebih mengarah kepada pemberian pengawasan sedangkan pendampingan masih kurang atau belum maksimal, dikarnakan terkendala oleh paktor pendidikan dan pekerjaan. Selain itu juga selama proses pendampingan yang lebih sering atau yang selalu menemani anak selama belajar di rumah adalah ibunya dikarnakan ayah mereka pergi bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendampingan, Orang Tua, Anak, Covid 19
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:31
Last Modified: 01 Feb 2024 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44412

Actions (login required)

View Item View Item