DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA INTERAKSI MASYARAKATA DESA AIKMEL KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Panji, ono (2024) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA INTERAKSI MASYARAKATA DESA AIKMEL KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pola interaksi sosial Masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 dan dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan pola interaksi sosial Masyarakat di Desa Aikmel Kecamatan Aikmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: 1) Perubahan pada pola interaksi Masyarakat pada masa pandemi Covid-19 yaitu pola a). gotongroyong, ditandai dengan Masyarakat tidak lagi sering berkumpul, selalu menjaga jarak dan selalu mengunakan masker, acara begawe diganti dengan acara sederhana, acara tahlilan dihadiri oleh keluarga dan kerabat terdekat saja. b). Bergaining, ditandai dengan masyarakat jarang pergi kepasar dan lebih memilih menelepon pemilik warung-warung, pemilik warung menawarkan dagangannya kerumah-rumah warga. c). Kooptasi, ditandai dengan bekerja dari rumah menggunakan berbagai media daring, sholat berjamaah dan ibadah-ibadah lainnya ditiadakan di dalam Masjid. 2). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan pola interaksi Masyarakat yaitu; a). Perubahan Struktural dalam peran dan fungsi, ditandai dengan Suami membantu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan oleh isteri, pembelajaran dilaksanakan secara online, c). Perubahan Kultural dalam material dan Imaterial ditandai dengan Masyarakat menjadi lebih sering berinteraksi menggunakan Hp, pembelajaran banyak menggunakan berbagai aplikasi sebagai sarana baru dalam menunjang pembelajaran Online, interaksi masyarakat diatur oleh kebijakan berupa protokol kesehatan dan PPKM, Masyarakat bekerja dari rumah karena kebijakan bekerja dari rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pandemi Covid-19, Pola Interaksi, Masyarakat
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:32
Last Modified: 01 Feb 2024 03:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44413

Actions (login required)

View Item View Item