PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK DAN FRAKSI ETIL ASETAT BUAH RUKAM (Flacourtia rukam) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Risa Fadmi, Mulyanti (2024) PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK DAN FRAKSI ETIL ASETAT BUAH RUKAM (Flacourtia rukam) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISA FADMI MULYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (685kB)

Abstract

Studi etnobiologi menunjukan bahwa buah rukam (Flacourtia rukam) telah dimanfaatkan secara tradisional oleh masyarakat sebagai obat diare, disentri dan antioksidan. Buah rukam (Flacourtia rukam) termasuk ke dalam famili Flacourtiaceae yang memiliki aktivitas antitumor, anti-virus, antioksidan dan antiinflamasi. Berbagai aktivitas biologi tersebut dikarenakan kandungan metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah flavonoid. Kandungan flavonoid total pada ekstrak dan fraksi etil asetat buah rukam belum pernah dilaporkan. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan kadar flavonoid total pada ekstrak etanol dan fraksi etil asetat buah rukam dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi simplisia buah rukam dengan metode sonikasi menggunakan pelarut etanol 96% (1:5). Ekstrak yang diperoleh kemudian difraksinasi dengan air dan etil asetat. Hasil rendemen simplisia, ekstrak etanol 96% dan fraksi etil asetat secara berturut-turut sebesar 21,53%; 37,15%; 32,5%. Identifikasi metabolit sekunder dilakukan dengan uji tabung dan Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Hasil uji tabung menunjukkan bahwa ekstrak etanol 96% dan fraksi etil asetat buah rukam mengandung metabolit sekunder flavonoid. Pada identifikasi menggunakan KLT golongan flavonoid diindikasikan dengan bercak berwarna biru dan merah. Nilai rata-rata kadar flavonoid total buah rukam tertinggi yaitu pada fraksi etil asetat ekstrak etanol 96% sebesar 11,07 ± 0,21 dan ekstrak etanol 96% sebesar QE/g, 4,41 ± 0,72 mg QE/g. Nilai kadar flavonoid total ekstrak etanol 96% berbeda signifikan dengan nilai kadar flavonoid total fraksi etil asetat (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buah rukam (Flacourtia rukam), flavonoid total, kromatografi lapis tipis, spektrofotometri UV-Vis.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:32
Last Modified: 01 Feb 2024 03:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44416

Actions (login required)

View Item View Item