PERAN KOREA INDONESIA FOREST COOPERATION CENTER (KIFC) DALAM PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM

Lale Audina Haliza, Rahman (2024) PERAN KOREA INDONESIA FOREST COOPERATION CENTER (KIFC) DALAM PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lale Audina Haliza Rahman L1A019066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
jurnal Lale Audina Haliza Rahman L1A019066.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang kerjasama internasional antara Indonesia dengan Korea Selatan melalui lembaga yang bernama Korea Indonesia Forest Cooperation Center (KIFC) yang berfokus pada pelestarian hutan dan konservasi alam. Upaya yang dilakukan ialah pengembangan Taman Wisata Alam Gunung Tunak dengan menerapkan sistem community based tourism di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, kawasan ini dulunya merupakan kawasan hutan yang belum dapat dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar karena kurangnya kualitas sumber daya manusia yang ada di sekitar kawasan tersebut sehingga masyarakat memanfaatkan hutan tersebut sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka seperti berburu hewan-hewan yang ada di sekitar hutan hingga menebang pohon secara liar. Perbuatan masyarakat seperti itu tentu akan berdampak buruk pada lingkungan dan kehidupan masunia jika dilakukan secara terus menerus. Melalui konteks multi level governance terjalinnya kerjasama antara kedua negara yakni Indonesia dengan Korea Selatan dengan program-program yang diusung ialah pengembangan sumberdaya manusia, program untuk melestarikan budaya, program konservasi alam, dan program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Adanya program-program tersebut dengan memanfaatkan community based tourim dalam rangka agar tercapainya konservasi alam dan mendorong potensi ekonomi pariwisata yang ada di masing-masing daerah. Kehadiran dari lembaga ini telah mengantarkan Lombok Tengah sebagai daerah yang berkembang dan maju dalam meningkatkan produktivitas pariwisata di Gunung Tunak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerjasama Internasional, KIFC, Community Based Tourism, Konservasi Alam, Pariwistaa Berkelanjutan, TWA Gunung Tunak.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:50
Last Modified: 02 Feb 2024 02:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44419

Actions (login required)

View Item View Item