MANAJEMEN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT BUKIT QUR’AN NUSANTARA MATARAM

Y U L I, A T I (2024) MANAJEMEN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT BUKIT QUR’AN NUSANTARA MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS YULIATI AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program boarding school dalam membentuk karakter religius peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenalogi. Pengambilan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dan temuan penelitian ini menunjukkan : Pertama bahwa implementasi manajemen program boarding school meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.(1) Tahap perencanaan dalam bentuk rapat manajemen sekolah yang diikuti oleh Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan, Kepala Sekolah, seluruh wakil Kepala sekolah, Tenaga pendidik dan kependidikan,pengurus kepondokan;(2) Pengorganisasian dalam program boarding school adalah pembagian tugas kepada seluruh perangkat sekolah sesuai kemampuan dan kapasitasnya;(3) Pelaksanaan program boarding school melalui empat kegiatan yaitu ; kegiatan religius di sekolah, kegiatan religius di asrama, pembiasaan budaya religius di sekolah dan asrama dan keteladanan budaya religius oleh guru dan musyrif/ah. (4) Pengawasan program boarding school dilakukan secara rutin tiap satu kali satu minggu. Kedua, karakter religius yang nampak pada peserta didik di SMPIT Bukit Qur‟an Nusantara Mataram adalah kemandirian, kedisiplinan, toleransi, kepedulian sosial,kreatif,bergaya hidup sehat, santun dan kejujuran. Ketiga , Faktor pendukung program boarding school adalah sarana dan prasarana, kualitas guru di sekolah dan asrama, doa dan dukungan dari orang tua, dan semangat peserta didik dalam belajar. Faktor penghambat; berasal dari internal peserta didik yaitu adanya rasa malas, capek, jenuh dengan padatnya aktifitas di sekolah dan asrama. Kesimpulan manajemen program boarding school sudah berjalan dengan baik tetapi pelaksanaannya perlu dibuat kegiatan yang lebih kreatif dan menyenangkan agar peserta didik tidak bosan dan jenuh. Rekomendasi dari penelitian ini adalah penelitian ini dapat berguna bagi kepala sekolah, guru dan masyarakat umum

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen, Boarding school, karakter religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:51
Last Modified: 02 Feb 2024 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44420

Actions (login required)

View Item View Item