PERBANDINGAN KADAR METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK SEREH WANGI (Cymbopogon nardus) PADA PENANAMAN INTENSITAS CAHAYA BERBEDA UNTUK MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA BAHAN ALAM

NUR, HIDAYANTI (2024) PERBANDINGAN KADAR METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK SEREH WANGI (Cymbopogon nardus) PADA PENANAMAN INTENSITAS CAHAYA BERBEDA UNTUK MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA BAHAN ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHIDAYANTI_E1M019063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)
[img] Text
JURNAL NURHIDAYANTI_E1M019063.pdf

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah proses pengembangan majalah sains berbentuk flipbook tentang kadar metabolit sekunder tanaman sereh wangi berdasarkan perbedaan intensitas cahaya dan untuk mengetahui tingkat kevalidan majalah sains berbentuk flipbook tentang kadar metabolit sekunder tanaman sereh wangi berdasarkan perbedaan intensitas cahaya. Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan majalah sains adalah model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 yang sudah memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji validitas yang di peroleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,93 dan majalah sains berada pada kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan kepraktisan untuk semua komponen majalah sains diperoleh 83% yang menunjukkan bahwa majalah sains yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan majalah sains berbentuk flipbook tentang kadar metabolit sekunder tanaman sereh wangi berdasarkan intensitas cahaya yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Majalah Sains, Flipbook, Metaolit Sekunder
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:52
Last Modified: 05 Feb 2024 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44435

Actions (login required)

View Item View Item