ANALISIS KOMUNITAS MANGROVE DI KAWASAN EKOSISTEM ESENSIAL BAGEK KEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

HARSA NAUNIK, QUDRATY (2024) ANALISIS KOMUNITAS MANGROVE DI KAWASAN EKOSISTEM ESENSIAL BAGEK KEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi punya acaa ya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
artikel punya aca juga yaa.pdf

Download (390kB)

Abstract

Ekosistem Esensial Bagek Kembar merupakan salah satu ekosistem mangrove di Teluk Sekotong. Di beberapa bagian kawasan juga telah digunakan sebagai kolam untuk kegiatan budidaya laut sehingga dapat mempengaruhi komposisi dan keanekaragaman mangrove di kawasan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komposisi jenis, indeks nilai penting, dan keanekaragaman spesies mangrove. Data vegetasi mangrove dikumpulkan dengan metode kombinasi transek garis dan kuadrat. Sebanyak 11 transek dan 33 kuadrat terbentang di kawasan ekosistem mangrove Bagek Kembar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh spesies mangrove yang tergabung dalam 4 genera dan 4 famili. Indeks dominan spesies yang tertinggi adalah Avicennia marina. Indeks keanekaragaman spesies mangrove pada pohon dan pancang masing-masing sebesar 1.000 dan 1.003 (keduanya berada pada kategori sedang) dan indeks keanekaragaman spesies pada tingkat semai berada pada kategori rendah (0,676).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekosistem Esensial Bagek Kembar, indeks keanekaragaman spesies, indeks nilai penting, mangrove, komposisi spesies.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:52
Last Modified: 05 Feb 2024 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44437

Actions (login required)

View Item View Item