PENINGKATAN MUTU BETON AGREGAT KASAR DAUR ULANG DENGAN PENAMBAHAN POLIMER STYRENE BUTADIENE RUBBER (QUALITY IMPROVEMENT OF RECYCLED AGGREGATE CONCRETE USING POLYMER STYRENE BUTADIENE RUBBER)

IHSAN, SANI (2024) PENINGKATAN MUTU BETON AGREGAT KASAR DAUR ULANG DENGAN PENAMBAHAN POLIMER STYRENE BUTADIENE RUBBER (QUALITY IMPROVEMENT OF RECYCLED AGGREGATE CONCRETE USING POLYMER STYRENE BUTADIENE RUBBER). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS - IHSAN SANI (I2I 021 012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRAK - INDONESIA.docx

Download (21kB)

Abstract

Beton merupakan salah satu material komposit yang umum digunakan dalam pekerjaan konstruksi bangunan, jalan, dan juga jembatan. Tingginya jumlah pembangunan akan berbanding lurus dengan jumlah agregat kasar alami yang digunakan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat eksploitasi terhadap agregat kasar alami adalah dengan menggunakan agregat kasar daur ulang sebagai material penyusun beton. Penggunaan agregat kasar daur ulang umumnya akan menimbulkan microcrack dan zona transisi antarmuka/interfacial transition zone (ITZ) yang berpengaruh terhadap hasil pengujian beton padat. ITZ merupakan zona kontak terlemah pada beton padat yang tercipta akibat sisa lapisan mortar lama yang masih melekat pada agregat kasar daur ulang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya microcrack dan ITZ adalah dengan memberikan bahan tambah polimer seperti styrene butadiene rubber (SBR) pada campuran beton. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh penggunaan SBR terhadap prilaku beton padat ditinjau dari sifat fisik, sifat mekanik, dan sifat mikroskopisnya. Agregat kasar yang digunakan adalah agregat kasar daur ulang yang berasal dari metode heating-grinding-acid solvent (H-G-A), heating-grinding (H-G), dan konvensional dimana agregat kasar alami akan digunakan sebagai pembanding. SBR yang digunakan berjenis larutan dengan variasi kadar 0%, 10%, dan 20% dari berat air yang digunakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa beton H-G-A dengan dengan kadar SBR 10% memperoleh hasil yang lebih baik dari beton normal. Beton H-G-A dengan SBR 10% memperoleh peningkatan kuat tekan terhadap beton normal sebesar 1.85%, kuat tarik belah 4.69%, modulus elastisitas 3.10%, dan penyerapan air 1.88%. Hal ini didukung oleh hasil pengujian scanning electron microscopy (SEM) yang menunjukkan beton agregat kasar daur ulang dengan penambahan SBR memiliki microcrack, pori, dan ITZ yang lebih sedikit dibandingkan yang tanpa menggunakan SBR.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): agregat kasar daur ulang, beton modifikasi polimer, zona transisi antarmuka, styrene butadiene rubber.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:13
Last Modified: 07 Feb 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44447

Actions (login required)

View Item View Item