PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

INDAH PUTRI, APRILIANTI (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Indah Putri Aprilianti_E1Q019029_FKIP_FISIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text
Kappa Indah Putri Aprilianti_E1Q019029_FKIP_FISIKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat yang valid, praktis dan efektif dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan materi momentum impuls. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus RPP, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran dan instrument tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar angket respon, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Validitas produk dinilai oleh enam validator. Kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan terkait keterlaksanaan pembelajaran. Kefektifan diperoleh dari pretest serta posttest peserta didik yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain dan diinterpretasikan ke dalam tafsiran keefektifan. Hasil validitas berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memperoleh nilai 89,44% dengan kategori sangat valid dan nilai reliabilitas perangkat pembelajaran 94,80% dengan kategori reliabel. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran 90,20% masuk ke dalam kategori sangat praktis. Hasil keefektifan diperileh berdasarkan uji N-Gain sebesar 0,72 kategori cukup efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah berbantuan laboratorium virtual sangat valid, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat, Berbasis Masalah, Laboratorium Virtual, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:13
Last Modified: 07 Feb 2024 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44450

Actions (login required)

View Item View Item