HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DI PUSKESMAS PRAYA

LALE IMAS INDA, DARAJAH (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DI PUSKESMAS PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LALE IMAS INDA DARAJAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DRAFT JURNAL.pdf

Download (475kB)

Abstract

Pengetahuan orang tua terhadap penggunaan antibiotik pada terapi ISPA berperan penting dalam menentukan prevalensi kejadian, morbiditas, serta tingkat mortalitas penyakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan gambaran tingkat kepatuhan, serta mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua terhadap kepatuhan penggunaan antibiotik pada anak penderita ISPA di Puskesmas Praya periode November 2023. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Diperoleh sampel sebanyak 120 responden yang memenuhi kriteria inklusi yaitu orang tua dari anak umur 0–17 tahun yang terdiagnosa ISPA dan menggunakan antibiotik serta bersedia menjadi responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah tervalidasi. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 22. Data tingkat pengetahuan dan kepatuhan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap tingkat kepatuhan. Hasil penelitian ini yaitu gambaran tingkat pengetahuan dan tingkat kepatuhan responden secara berturut-turut didominasi kategori baik dan sedang. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap tingkat kepatuhan penggunaan antibiotik dengan korelasi sangat kuat (0,882).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ISPA, Pengetahuan, Kepatuhan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:14
Last Modified: 07 Feb 2024 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44456

Actions (login required)

View Item View Item