ANALISA PERBANDINGAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT DAN BIM UNTUK PENJADWALAN PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR GEDUNG IGD RSUD DR. RADEN SOEDJONO SELONG

TITI OKTAVIANI EKA, WARDANI (2024) ANALISA PERBANDINGAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT DAN BIM UNTUK PENJADWALAN PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR GEDUNG IGD RSUD DR. RADEN SOEDJONO SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

This is the latest version of this item.

[img] Text
4. Artikel PDF.pdf

Download (626kB)
[img] Text
F1A019177-Titi Oktaviani Eka Wardani-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam konstruksi, konflik sering muncul seperti kekurangan waktu dan koordinasi. Pendekatan teknologi Building Information Modeling (BIM) digunakan untuk menyelesaikan konflik ini. Di Indonesia, aplikasi kurang terintegrasi dibandingkan BIM. Penelitian ini membandingkan efektivitas aplikasi BIM dan Microsoft Project. Penelitian ini dimulai dengan menggunakan Autodesk Revit sebagai aplikasi yang difungsikan untuk memodelkan 3D bangunan, kemudian di lanjutkan dengan melakukan penjadwalan 4D menggunakan Autodesk Naviswork. Selanjutnya dilakukan juga penjadwalan menggunakan aplikasi Microsoft Project. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemodelan penjadwalan pada aplikasi BIM dimulai dengan pemodelan 3D menggunakan Autodesk Revit dan diintegrasikan dengan Autodesk Navisworks. Data penjadwalan dihubungkan dengan model 3D untuk visualisasi. Dalam analisis, perbandingan antara penjadwalan menggunakan Microsoft Project dan BIM (Autodesk Navisworks) mengungkapkan kelebihan dan kekurangan keduanya. BIM memiliki kelemahan dalam menampilkan ketergantungan kegiatan dan lintasan kritis, sementara Microsoft Project masih mengandalkan diagram dan proses manual. Keunggulan BIM terletak pada kemampuan Model 3D dan visualisasi, dengan kemudahan pembaruan data otomatis, berbeda dengan pendekatan manual Microsoft Project.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): BIM, Penjadwalan, Autodesk Revit, Microsoft Project, Autodesk Naviswork
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:14
Last Modified: 13 Feb 2024 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44466

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item