PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM KEMANDIRIAN KELOMPOK TANI DI DESA KEBON AYU KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nining, Ayuaulia (2024) PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM KEMANDIRIAN KELOMPOK TANI DI DESA KEBON AYU KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING FIX BGT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NINING AYUAULIA_ PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM KEMANDIRIAN KELOMPOK TANI DI DESA KEBON AYU KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat kemandirian kelompok tai di desa kebon ayu, (2) Peran penyuluh pertanian dalam kemandirian kelompok tani di desa kebon ayu, (3) Hubungan antara penyuluh pertanian lapangan dengan kemandirian kelompok tani di desa kebon ayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif , lokasi penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Populasi dari penelitian ini adalah kelompok tani yang ada di desa kebon ayu dan sampel ditentukan secara Quota sampling sebanyak 40 orang dengan pengurus kelompok tani ditentukan secara purposive sampling sebanyak 3 orang dan anggota diambil 5 orang secara simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif , skala likret dan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemandirian kelompok tani berada pada interval skor 31-42 termasuk dalam kategori sedang/cukup mandiri. Menggambarkan keseluruhan aspek kemandirian petani berada pada kategori cukup mandiri. Mulai dari kemandirian petani dalam mengambil keputusan, akses dan pemanfaatan teknologi pertanian dan pemasaran hasil pertanian menunjukkan hasil cukup mandiri. Kemandirian petani dalam memecahkan masalah pertanian dan kemandirian mengakses saprodi berada pada kategori mandiri sedangkan kemandirian petani dalam membangun jaringan kerja sama/kemitraan mendapatkan pencapaian tidak mandiri. (2) Peran penyuluh pertanian dalam kemandirian kelompok tani berada pada interval skor 43-54 termasuk dalam kategori tinggi/berperan. Menggambarkan keseluruhan aspek peran penyuluh berada pada kategori berperan. Mulai dari peran penyuluh sebagai komunikator, fasilitator, edukator dan motivator mendapatkan pencapaian berperan sedangkan peran penyuluh sebagai organisator mendapatkan pencapaian cukup berperan. (3) Hubungan antara peran penyuluh dengan kemandirian kelompok tani diperoleh korelasi sebesar 0,540 dan z hitung 7,42 lebih besar dibandingkan z tabel 1,96, menggambarkan adanya hubungan antara peran penyuluh dan kemandirian kelompok . Semakin baik peran penyuluh maka petani semakin mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelompok Tani, Penyuluh, Kemandirian Kelompok
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Feb 2024 00:36
Last Modified: 13 Feb 2024 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44468

Actions (login required)

View Item View Item