PERANCANGAN PACKAGE REGRESI NONPARAMETRIK DERET FOURIER PADA BAHASA PEMROGRAMAN R

I MADE ARITIA PRATAMA, MEITALANA (2024) PERANCANGAN PACKAGE REGRESI NONPARAMETRIK DERET FOURIER PADA BAHASA PEMROGRAMAN R. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_I MADE ARITIA PRATAMA MEITALANA_G1D018037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_I MADE ARITIA PRATAMA MEITALANA_G1D018037.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Analisis regresi dapat digunakan untuk mengetahui bentuk hubungan antar variabel dalam penelitian, baik dalam bentuk linear maupun tidak linear. Pendekatan regresi nonparametrik, khususnya deret Fourier dengan estimasi Ordinary Least Square (OLS), mampu menyelesaikan pola data yang berulang dan menggunakan metode Generalized Cross Validation (GCV) untuk menentukan nilai knot yang optimal. Metode heuristik seperti algoritma genetika dapat digunakan untuk mencari titik knot optimal dalam estimasi deret Fourier dengan lebih cepat dan mendekati solusi optimal. Penelitian ini bertujuan merancang package regresi nonparametrik deret Fourier. Package ini dibangun dengan bahasa pemrograman R, dengan menggunakan data curah hujan di Kota Mataram dan data kemiskinan di Provinsi NTB. Implementasi biner digunakan sebagai populasi dalam algoritma genetika. Hasil yang diperoleh adalah package yang dapat mempercepat proses dan menghasilkan GCV yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Algoritma Genetika, Implementasi Biner, Generalized Cross Validation (GCV), Ordinary Least Square (OLS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:23
Last Modified: 15 Feb 2024 06:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44473

Actions (login required)

View Item View Item