PERAN UNESCO MELALUI RINJANI-LOMBOK UNESCO GLOBAL GEOPARK DALAM PENGEMBANGAN SUSTAINABLE TOURISM DI NUSA TENGGARA BARAT

LINA ZUL, KHAIRUNNISA (2024) PERAN UNESCO MELALUI RINJANI-LOMBOK UNESCO GLOBAL GEOPARK DALAM PENGEMBANGAN SUSTAINABLE TOURISM DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LINA ZULKHAIRUNNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki daya tarik wisata yang beragam, sehingga pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan untuk mengembangkan perekonomian. Namun, aktivitas pariwisata di NTB masih menimbulkan dampak negatif terhadap keberlanjutan lingkungan dan budaya. Perkembangan pariwisata harus dibersamai dengan pengelolaan yang berkelanjutan untuk melestarikan warisan alam dan budaya yang ada di NTB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari UNESCO yang direpresentasikan oleh Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark dalam pengembangan sustainable tourism di NTB. Penulis menggunakan konsep organisasi internasional dan konsep sustainable tourism sebagai kerangka berpikir dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menarasikan data-data yang telah dikumpulkan. Teknik pengumpulan data menggunakan dua sumber, yaitu sumber data primer yang didapatkan melalui wawancara, dan sumber data sekunder yang didapatkan melalui studi literatur dengan membaca buku, jurnal, artikel, dan sumber internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UNESCO melalui RLUGGp telah menjalankan peran sebagai inisiator, mediator, dan fasilitator yang kemudian berdampak pada perkembangan pariwisata berkelanjutan. Programprogram yang dijalankan oleh RL-UGGp memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata berkelanjutan di NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): UNESCO, UNESCO Global Geopark, Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, Organisasi Internasional, Sustainable Tourism.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:23
Last Modified: 15 Feb 2024 06:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44476

Actions (login required)

View Item View Item