ANALISIS NILAI TAMBAH DAN EFISIENSI PEMASARAN BERBAGAI PRODUK AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI DESA KOPANG REMBIGA KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

KOMANG TRI AYU, WIDIANTARI (2024) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN EFISIENSI PEMASARAN BERBAGAI PRODUK AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI DESA KOPANG REMBIGA KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Komang Tri Ayu Widiantari_Analisis Nilai Tambah dan Efisiensi Pemasaran Berbagai Produk Agroind.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
J_Komang Tri Ayu Widiantari_Analisis Nilai Tambah Berbagai Produk Agroindustri Berbahan Baku Jagu.pdf

Download (294kB)

Abstract

Agroindustri berbahan baku jagung di Desa Kopang Rembiga mengolah jagung menjadi beberapa produk seperti emping dan marning jagung. Dalam proses produksi mengolah jagung menjadi beberapa produk harus memberikan nilai tambah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis nilai tambah pada usaha agroindustri berbahan baku jagung di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah; (2) Untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam usaha agroindustri berbahan baku jagung di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis agroindustri berbahan baku jagung. Lokasi penelitian ditentukan secara Purposive Sampling. Penentuan responden dilakukan secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata nilai tambah agroindustri berbahan baku jagung di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah adalah: Rp 17.499,59/kg BB, dengan rasio nilai tambah 50,69% untuk produk marning dan Rp 20.912,12,-/kg BB, dengan rasio nilai tambah 58,45% untuk produk emping. Berdasarkan rasio nilai tambah agroindustri yang memproduksi marning dan emping termasuk dalam kategori bernilai tambah tinggi; (2) Hambatan yang dihadapi agroindustri berbahan baku jagung di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah adalah: modal, teknologi dan iklim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Jagung, Nilai Tambah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:38
Last Modified: 22 Feb 2024 04:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44501

Actions (login required)

View Item View Item