STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

LILI KURNIA, SAPITRI (2024) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LILI KURNIA S (E1M019045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL_LILI KURNIA S (E1M019045).pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan Kerjasama antara model pembelajaran kooperatif tipe learning together dan model pembelajaran kolaboratif pada siswa kelas X SMAN 2 SELONG tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-3 sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model pembelajaran kolaboratif dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Tes diberikan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa sedang lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan Kerjasama siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Uji hipotesis kemampuan akhir siswa (posttest) dengan uji t pada taraf signifikasi 5% menghasilkan t hitung < t tabel yaitu 1,533 < 1,999 yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara model pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan model pembelajaran kolaboratif. Pada hasil observasi keterampilan kerjasama, kelas eksperimen 1 memperoleh jumlah skor dengan rata-rata 20,83 dengan persentase 83%, sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh jumlah skor dengan rata-rata 19,83 dengan persentase 79%. Kedua kelas eksperimen berada dalam kategori kemampuan kerjasama yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe learning together dan model pembelajaran kolaboratif baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe learning together, model pembelajaran kolaboratif, keterampilan berpikir kritis, keterampilan kerjasama.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:21
Last Modified: 28 Feb 2024 05:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44524

Actions (login required)

View Item View Item