PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK TENAGA KERJA WANITA (Studi Kasus pada Keluarga TKW di Lingkungan Tiwugalih, Lombok Tengah)

WIDY, AMINARTI (2024) PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK TENAGA KERJA WANITA (Studi Kasus pada Keluarga TKW di Lingkungan Tiwugalih, Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI FIX.pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran keluarga dalam menanamkan karakter disiplin anak dari keluarga tenaga kerja wanita (TKW), yang ditinjau dari: 1) peran keluarga dalam menanamkan karakter disiplin anak TKW, 2) metode yang digunakan keluarga dalam menanamkan karakter disiplin anak TKW. 3) faktor pendorong dan tantangan dalam menanamkan karakter disiplin anak TKW. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ditentukan secara purposive dan teknik analisis data berdasarkan model analisis studi kasus, meliputi tahapan atas pengumpulan kategori, interpretasi langsung, pembentukan pola, dan generalisasi naturalistik. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) peran keluarga dalam menanamkan karakter disiplin anak TKW, melalui figur yang baik, motivator, dan pengawas; (2) metode yang digunakan dalam penanaman disiplin melalui pembiasaan, keteladanan, peraturan, hukuman, dan penghargaan atau reward; dan (3) faktor pendorong dalam menanamkan karakter disiplin anak berdasarkan kesadaran untuk mendidik tanpa adanya paksaan, namun demikian terdapat tantangan berupa kesibukan orang tua yang menjadi pengasuh pengganti anak TKW sehingga kurangnya waktu bersama dan kurangnya pengawasan terhadap aktivitas anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Keluarga, Karakter Disiplin, Anak dari Keluarga TKW
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:21
Last Modified: 28 Feb 2024 05:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44526

Actions (login required)

View Item View Item