KEANEKARAGAMAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) TANJUNG LUAR LOMBOK TIMUR SEBAGAI LABORATORIUM ALAMI PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

HAIRUL, ALPIANSAH (2024) KEANEKARAGAMAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) TANJUNG LUAR LOMBOK TIMUR SEBAGAI LABORATORIUM ALAMI PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hairul Alpiansah SKRIPSI fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
7.+alpiansyah,+240220.pdf

Download (360kB)

Abstract

Ikan adalah hewan vertebrata yang hidup di dalam air, bernafas dengan insang dan berenang dengan sirip. Tujuan penelitian adalah menemukan spesiesspesies ikan dan mengetahui indeks keanekaragaman spesies ikan yang ada di PPI Tanjung Luar. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Keanekaragaman spesies ikan di PPI Tanjung Luar memiliki 64 famili yang terdiri dari 193 spesies dari 12470 individu. Beberapa spesies ikan yang ditemukan yaitu spesies Euthynnus affinis, Decapterus russelli, Katsuwonus pelamis, Trichiurus lepturus, Rastrelliger kanagurta, Sardinella lemuru, Decapterus kurroides, Selaroides leptolepis, Sardinella gibbosa, Canthidermis maculata, Thunnus obesus, dan Selar crumenophthalmus. Spesies ikan pelagis merupakan spesies ikan yang paling banyak ditemukan di PPI Tanjung Luar Lombok Timur dengan jumlah 10724 individu. Sementara itu, spesies ikan demersal yang ditemukan di PPI Tanjung Luar yaitu sekitar 1746 individu. Tingkat keanekaragaman (H’) dan dominansi (D) ikan di PPI Tanjung Luar masing-masing 3,092 (kategori tinggi) dan 0,115 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keanekaragaman ikan, PPI, ikan pelagis, ikan demersal
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:23
Last Modified: 28 Feb 2024 05:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44530

Actions (login required)

View Item View Item