PEMBINAAN CIVIC DISPOSITION SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI PRAMUKA (Studi di SMAN 1 Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat)

IKA JUWITA, NINGSIH (2024) PEMBINAAN CIVIC DISPOSITION SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI PRAMUKA (Studi di SMAN 1 Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ika Juwita Ningsih_E1B019070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel_Ika Juwita Ningsih_E1B019070.pdf

Download (223kB)

Abstract

Organisasi pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan karakter di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembinaan civic disposition siswa melalui kegiatan organisasi pramuka serta factor pendukung dan penghambat pembinaan civic disposition siswa melalui kegiatan organisasi pramuka di SMAN 1 Gunungsari. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat beberapa civic disposition yang muncul dalam organisasi pramuka antara lain: tanggung jawab individu, disiplin diri, menghormati harkat dan martabat kemanusiaan tiap individu, berpartisipasi dalam urusan kewarganegaraan, dan mengembangkan fungsi demokrasi konstitusional yang sehat. Adapun kegiatan yang di dalamnya mencakup civic disposition pada organisasi pramuka adalah: 1) pionering, 2) Peraturan Baris Berbaris (PBB), 3) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), 4) upacara, dan 5) perkemahan. Faktor pendukung pembinaan civic disposition siswa antara lain ketersediaan fasilitas kegiatan organisasi pramuka, dan ketegasan Pembina pramuka. Adapun hambatan yang diterima adalah kurangnya partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Civic disposition, kegiatan organisasi pramuka, SMAN 1 Gunungsari
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 12:22
Last Modified: 29 Feb 2024 12:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44547

Actions (login required)

View Item View Item