ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Fryda, Damayanti (2024) ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_FRYDA DAMAYANTI_ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI HUTAN KEMASYARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
J_FRYDA DAMAYANTI_ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI HUTAN KEMASYARA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk:.(1) Menganalisis pendapatan usahatani tanaman pangan pada program Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur; (2) Menganalisi kontribusi pendapatan usahatani tanaman pada program Hutan Kemasyarakatan (HKm) terhadap total pendapatan rumah tangga petani; dan (3) Menganalisis tingkat kesejahtraan rumah tangga petani peserta program HKm di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik survei. Penelitian dilakukan di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan data tahun 2023. Kecamatan Jerowaru terdiri atas 12 desa dan dari 12 tersebut ditetapkan Desa Sekaroh secara purposive sampling, atas pertimbangan bahwa hanya di desa tersebut yang ada kegiatan program HKm. Penentuan rersponden ditetapkan sebanyak 39 rumah tangga. Jenis data dalam penelitian meliputi data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan sumber data meliputi data pimer dan data sekunder. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata pendapatan petani dari usahatani tanaman pangan (jagung) pada program HKm di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur sebesar Rp. 35.259.753/LLG; (2) Kontribusi usahatani tanaman pangan pada program HKm terhadap total pendapatan rumah tangga petani sebesar 93,35%. (Rp. 35.259.753); (3) Tingkat kesejahteraan rumah tangga petani peserta program Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur merut kriteria BPS dan Sayogyo semua (100%) rumahtangga petani tidak termasuk kategori miskin. Sementara itu menurut Bank Dunia terdapat 87% (34 rumahtangga) termasuk kategori tidak miskin dan 13% (5 rumahtangga) termasuk kategori miskin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Kemasyarakatan (HKm), Pendapatan, dan Rumahtangga Petani
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 12:22
Last Modified: 29 Feb 2024 12:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44551

Actions (login required)

View Item View Item