PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS SELONG

ELNI MIKRATIN, ULWA (2024) PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Elni Mikratin Ulwa(G1D017018) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang melaksanakan upaya kesehatan masyarakat dan perorangan yang mempunyai peran penting dalam sistem kesehatan nasional. Tidak sedikit masyarakat lebih memilih ke Puskesmas daripada dokter dan bidan karena dilihat dari segi biaya puskesmas termasuk pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi semua kalangan. Karena banyaknya orang yang mengunjungi Puskesmas menyebabkan terjadinya antrian panjang di loket pendaftaran rawat jalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis model antrian untuk mengetahui keefektifitasan pada pelayanan loket pendaftaran rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model dan keefektifitasan pada pelayanan loket pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Selong. Penelitian dilakukan pada loket pendaftaran rawat jalan Puskesmas Selong selama dua belas hari. Sistem antrian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Single Channel-Single Phase. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh model anrian (G/G/1/) : (FCFS/∞/∞), pola kedatangan tidak berdistribusi Poisson dan pola pelayanan tidak berdistribusi Eksponensial dengan jumlah saluran dalam sistem tunggal. Disiplin antrian yaitu first come first served (FCFS), jumlah pasien yang boleh masuk tidak berhingga dalam sistem antrian dan ukuran populasi pada sumber masukan yaitu tidak berhingga. Kinerja loket pendaftaran rawat jalan Puskesmas Selong dapat dikatakan efektif dengan melihat persentase hasil perhitungan dari jumlah rata-rata pasien dalam sistem, jumlah rata-rata pasien dalam antrian, waktu menunggu rata-rata dalam sistem, waktu menunggu rata-rata dalam antrian, dan peluang tidak ada pasien dalam sistem. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi penumpukan antrian dan kinerja pelayanan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): single channel-single phase, first come first served, teori antrian
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:51
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44565

Actions (login required)

View Item View Item