TRADISI RIMPU PADA WANITA SUKU MBOJO DIIDESAINCERAIKECAMATANIBELOIKABUPATENIBIMA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA

NUR, ASIAH (2024) TRADISI RIMPU PADA WANITA SUKU MBOJO DIIDESAINCERAIKECAMATANIBELOIKABUPATENIBIMA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NUR ASIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Bima terkenal sangat religius, salah satunya adalah perempuan Bima yang selalu menutup auratnya. Salah satu penutup aurat yang terkenal di Bima adalah dengan menggunakan sarung yang disebut dengan Rimpu. Rimpu adalah cara berbusana masyarakat Bima yang menggunakan sarung khas Bima. Rimpu merupakan rangkaian pakaian yang menggunakan dua lembar (dua ndo`o) sarung. Kedua sarung tersebut untuk bagian bawah layaknya rok dan bagian atas layaknya jilbab. Adaupun yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian tentang tradisi rimpu ini karna peneliti melihat rimpu ini sudah pudar akibat berkembangnya arus globalisasi Pada hal rimpu ini sangat memliki nilai religius yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pelaksanaan tradisi rimpu pada wanita suku mbojo di Desa Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima dan nilai-nilai religius yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Hasil yang diperoleh adalah Rimpu merupakan pakaian penutup aurat yang terbuat dari bahan Sarung. Rimpu sudah ada di Bima sejak pertama kali Islam masuk dan diterapkan pada kesultanan di tanah Bima. Rimpu terbagi menjadi dua jenis, yaitu Rimpu colo dan Rimpu Mpida. Rimpu juga mengandung nilai-nilai religius yaitu nilai ketaatan kepada Allah SWT, nilai percaya diri, nilai menghormati dan nilai kreatif. Rimpu mempunyai fungsi ganda dalam menyikapi perkembangan zaman, sebagai identitas keagamaan, ciri khas Bima, dan pelindung perempuan dalam berinteraksi dengan lawan jenis. Saat ini, pemerintah berupaya melestarikannya dengan mengadakan pawai budaya setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tradisi, Rimpu, Nilai religius
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Mar 2024 23:39
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44569

Actions (login required)

View Item View Item