EVALUASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SDN 3 SOKONG KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

EKO, ANDRIAN (2024) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SDN 3 SOKONG KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS-EKO ANDRIAN (I2k021033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Procces, Product). Model ini digunakan karena memiliki pendekatan yang menyeluruh dalam evaluasi dengan tujuan memberikan gambaran yang detail dan luas terhadap suatu program, mulai dari aspek konteks dengan kriteria ketersediaan landasan hukum dan panduan pelaksanan, aspek input yang menggali pemahaman warga sekolah, aspek proses dari perencanaan sampai pelaksanaan program, serta aspek produk dengan kriteria pembelajaran paradigma baru, perencanaan berbasis data, digitalisasi sekolah hingga peningkatan kompetensi warga sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah SD Negeri 3 Sokong Kabupaten Lombok Utara dengan responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah pembina. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah PSA (Presentase Setiap Aspek). Hasil penelitian adalah 1) pada aspek konteks program sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Utara sangat baik, dengan nilai akhir 93,8%, 2) pada aspek input program sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Utara sangat baik, dengan nilai akhir 90,3%, 3) pada aspek proses program sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Utara sangat baik, dengan nilai akhir 94,8%, dan 4) aspek produk program sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Utara sangat baik, dengan nilai akhir 87,5%. Secara umum, hasil evaluasi program sekolah penggerak di SD Negeri 3 Sokong, Kabupaten Lombok Utara adalah sangat baik, dengan nilai akhir 91,6%. Diharapkan setiap satuan pendidikan dalam melaksanakan program sekolah penggerak agar sesuai prosedur oprasional standar dan menghindari hal-hal yang menghambat efektivitas dan efesiensi kulaitas pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): ekolah penggerak, evaluasi, model CIPP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:36
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44574

Actions (login required)

View Item View Item