IMPLIKASI YURIDIS SISTEM PROPORSIONAL TERBUKA: KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA DALAM PEMILIHAN UMUM TERHADAP SISTEM DEMOKRASI DI INDONESIA

Nesti, Diayu IMPLIKASI YURIDIS SISTEM PROPORSIONAL TERBUKA: KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA DALAM PEMILIHAN UMUM TERHADAP SISTEM DEMOKRASI DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NESTI DIAYU (D1A020386) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kekurangan dan kelebihan dari sistem Pemilu proporsional terbuka dalam pemilihan umum terhadap sistem demokrasi di Indonesia serta menganalisis solusi untuk mengatasi permasalahan kekurangan-kekurangan sistem proporsional terbuka guna memaksimalkan sistem Pemilu Indonesia dan melahirkan suatu sistem Pemilu yang demokratis dan berkeadilan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum normatif dengan melakukan kajian pustaka serta melakukan wawancara sebagai data penunjang. Simpulan, bahwa sistem proporsional terbuka merupakan sistem Pemilu yang diterapkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2004 hingga Pemilu tahun 2024. Dalam penerapan sistem proporsional terbuka, di samping terdapat kelebihan juga masih banyak terdapat kekurangan. Kelebihan dari sistem Pemilu proporsional terbuka adalah sistem Pemilu yang lebih berkeadilan dan demokratis. Sedangkan kekurangan dalam sistem ini adalah banyaknya kasus Money Politic, melemahnya Partai Politik dan lainnya, sehingga hal inilah yang harus diatasi melalui penegasan sanksi, merevisi Undang-Undang tentang Pemilihan Umum dan mewajibkan adanya kaderisasi bagi Partai Politik terhadap calon legislatif yang hendak mencalonkan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemilihan Umum, Proposional Terbuka, Demokrasi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:36
Last Modified: 06 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44575

Actions (login required)

View Item View Item