PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI JARINGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2023/2024

SULIYADI, SULIYADI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI JARINGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2024_SKRIPSI_SULIYADI_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model discovery learning merupakan proses pembelajaran yang problematis, menstimulus siswa dengan pertanyaan, mendorong siswa mencari jawaban sendiri. Powtoon merupakan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan video animasi yang diakses secara online dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada jaringan hewan yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantukan aplikasi powtoon dengan tanpa model discovery learning dan aplikasi powtoon di SMA Negeri 1 Keruak. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain penelitian Pre-test Post-test Kontrol Group Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Keruak, sampel penelitian terdiri dari kelas XI MIPA I dan XI MIPA IV. Analisis data menggunakan uji dependet sample t-test atau paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian rerata pretest kelas eksperimen 35,2 dan kelas kontrol 28,4, sedangkan nilai posttest kelas eksperimen 77,4 dan kelas kontrol 38,2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan terhadap pembelajaran dengan model discovery learning berbantukan aplikasi powtoon dengan tanpa model discovery learning dan aplikasi powtoon terhadap pemahaman konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Media Animasi Powtoon, Pemahaman Konsep Biologi, Materi Jaringan Hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Kusmayadi
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:29
Last Modified: 07 Mar 2024 03:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44590

Actions (login required)

View Item View Item