CAMPUR KODE DALAM KOMIK DARING APLIKASI LINE WEBTOON “SI JUKI: LIKA-LIKU ANAK KOS” KARYA FAZA MEONK

LATIFHA, FADLANI (2024) CAMPUR KODE DALAM KOMIK DARING APLIKASI LINE WEBTOON “SI JUKI: LIKA-LIKU ANAK KOS” KARYA FAZA MEONK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Latifha Fadlani sikripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemakaian bahasa Indonesia pada komik daring aplikasi LINE Webtoon telah terjadi penyisipan unsur-unsur bahasa lain, yaitu bahasa daerah dan bahasa asing. Penelitian ini mengkaji (1) Bagaimanakah bentuk campur kode dalam komik daring aplikasi LINE Webtoon “Si Juki Lika-Liku Anak Kos”, dan (2) Bagaimanakah jenis campur kode dalam komik daring aplikasi LINE Webtoon “Si Juki Lika-Liku Anak Kos”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk campur kode dalam komik daring aplikasi LINE Webtoon “Si Juki LikaLiku Anak Kos”, dan (2) Medeskripsikan jenis campur kode dalam komik daring aplikasi LINE Webtoon “Si Juki Lika-Liku Anak Kos”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode informal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) bentuk campur kode berupa kata berjumlah 23 data, frasa berjumlah 2 data, klausa berjumlah 1 data, dan idiom berjumlah 2 data (2) jenis campur kode berupa campur kode ke dalam (inner code mixing) berjumlah 5 data, campur kode ke luar (outer code mixing) berjumlah 5 data, dan campur kode campuran (hybrid code mixing) berjumlah 19 data.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosiolinguistik, Campur kode, Komik, LINE Webtoon
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:54
Last Modified: 13 Mar 2024 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44597

Actions (login required)

View Item View Item