STUDI KOMPARASI BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG LAHAN KERING DATAR DENGAN LAHAN KERING MIRING DI KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU

MUHAMAD, IDRIANSYAH (2024) STUDI KOMPARASI BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG LAHAN KERING DATAR DENGAN LAHAN KERING MIRING DI KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (C1G019175) Muhamad Idriansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji perbandingan biaya usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring. (2) Mengkaji perbandingan produksi usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring. (3) Mengkaji perbandingan pendapatan usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring di Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan jumlah responden menggunakan metode proposional random sampling dengan jumlah 60 responden, dengan rincian 30 petani usahatani jagung lahan kering datar dan lahan kering miring di Desa Lanci Jaya dan 30 petani usahatani jagung di lahan kering datar dan lahan kering miring di Desa Suka Damai Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada responden sesuai dengan pertanyaan yang ada pada kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis (1) Analisis Biaya dan Pendapatan; (2) Analisis Uji-t. Hasil analisis menunjukan biaya dan pendapatan petani di lahan kering datar dan lahan kering miring di Kecamatan Manggelewa, adalah Biaya produksi usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring dengan nilai masing-masing sebesar Rp 12.391.794/Ha dan Rp 14.956.000/Ha. Setelah di uji dengan t-test pada taraf nyata 5% diperoleh hasil yang berbeda nyata, berarti usahantani jagung pada lahan kering datar lebih kecil dibandingkan biaya produksi usahatani jagung pada lahan kering miring. Produksi usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring dengan nilai masingmasing sebesar 11.236 Kg/Ha dan 14.106 Kg/Ha. Setelah di uji dengan t-test pada taraf nyata 5% diperoleh hasil yang berbeda nyata, berarti usahatani jagung pada lahan kering datar lebih kecil dibanding total produksi usahatani jagung pada lahan kering miring. Pendapatan usahatani jagung pada lahan kering datar dan lahan kering miring dengan nilai masing-masing sebesar Rp 29.545.456/Ha dan Rp 40.389.333/Ha. Setelah di uji dengan Ttest pada taraf nyata 5% diperoleh hasil yang berbeda nyata, berarti usahatani jagung pada lahan kering datar lebih kecil dibanding usahatani jagung pada lahan kering miring.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usahatani, Biaya, Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:54
Last Modified: 13 Mar 2024 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44598

Actions (login required)

View Item View Item