PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA SISWA KELAS V/C SDN NO. 09 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

SURYANINGSIH, SURYANINGSIH (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA SISWA KELAS V/C SDN NO. 09 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revition sakura I,II & III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Mengingat pentingnya pembelajaran bahasa dalam dunia sekolah khususnya di SD, Maka sarana yang tepat untuk mengapresiasikan siswa dalam belajar berkomunikasi dengan baik dan benar adalah berada pada mata pelajaran bahasa Indonesia, didalam bahasa indonesia ada 4 aspek keterampilan, salah satu aspek yang peneliti ambil yakni berbicara. Berdasarkan hasil observasi disekolah tersebut, kelass VC memamng benar mengalami kesulitan dalam hal berbicara terbukti siswa yang tuntas hanya 33% . Oleh karena itu guru harus meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode pembelajaran yang membuat siswa antusia dalam pembelajaran. Salah satunya yakni menerapkan metode Role Playing sebagai langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas VC SDN No. 09 ampenan tahun ajaran 2009-2010. Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah SDN No. 09 Ampenan yang berjumlah 35. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu instrumens penilaian proses dan hasil serta hasil observasi guru untuk melihat sejauh mana tingkat penggunaan RRP yang telah digunakan peneliti. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian iniadalah 80% siswa yang mendapat nilaia minimal 65. Hasil evaluasi siklus 1 dan II untuk penilian proses diperoleh rata-rata nilai yakni 69 dan 81 pun pada penilaian hasil untuk siklu I dan II diperoleh 63 dan 83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V/C SDN No. 09 Ampenan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Role Playing. Dengan demikian guru hendaknya menggunakan metode yang bervariasi serta memberikan inspirasi bagi siswa untuk lebih berani serta terbiasa untuk melatih kemampuan berbicara, sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, Berbicara, Metode, Role Playing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2018 06:01
Last Modified: 02 Jun 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item