ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING OLEH PETANI BUAH STROBERI DI SEMBALUN PULAU LOMBOK

Roydatul Robbi, Naksabandi (2024) ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING OLEH PETANI BUAH STROBERI DI SEMBALUN PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JILID SKRIPSI ROYDATUL ROBBI NAKSABANDI TTD .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pemanfaatan teknologi digital marketing oleh petani buah stroberi di Sembalun Pulau Lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif . Tujuan dari penelitian deskriptif adalah memecahkan masalah yang ada pada waktu sekarang dengan mengumpulkan data, menyususn, menganalisa, dan menginterpretasikan data tersebut dengan menetapkan hubungan dan kedudukan variabel yang diteliti untuk menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani yang melakukan usahatani stroberi di Sembalun Pulau Lombok yakni petani yang memanfaatkan dan tidak memanfaatkan teknologi digital marketing untuk mendukung kegiatan usahataninya Penelitian ini dilakukan di Desa Sembalun Lawang dan Desa Sembalun Bumbung. Penentuan daerah sampel ini ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan dua desa tersebut terdapat petani stroberi terbanyak di Kecamatan Sembalun, Pulau Lombok dengan pengambilan sampel secara sensus yakni sebanyak 63 orang petani buah stroberi.. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis statistik deskriptif dan metode uji beda (Paired Sampel Z- Test). Hasil menunjukkan bahwa persepsi petani buah stroberi di Sembalun Pulau Lombok sebagian besar berpandangan netral terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing dalam mendukung kegiatan usahataninya baik dilihat dalam segi keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, ketercobaan, maupun keteramatan. Petani buah stroberi di Sembalun Pulau Lombok yang memanfaatkan teknologi digital marketing masuk dalam persentase sangat rendah yakni hanya 21% atau 13 orang dari 63 orang petani responden. Teknologi digital marketing yang dimanfaatkan untuk pembelian input yaitu Shoppee, untuk mencari informasi yaitu Whatsapp dan Youtube serta untuk menjual output digunakan Facebook, Instagram dan Tiktok. Pemanfaatan teknologi digital marketing tidak berperan nyata dalam menurunkan biaya namun berperan nyata dalam meningkatkan pendapatan. Dalam segi biaya, rata-rata biaya yang dikeluarkan petani yang memanfaatkan sebesar Rp. 3.050.138.46 dan yang tidak memanfaatkan sebesar Rp. 2.808.260.07. Sedangkan rata-rata pendapatan petani yang memanfaatkan yakni sebesar Rp. 24.122.938.46 dan yang tidak memanfaatkan sebesar Rp. 6.818.256.6

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknologi Digital Marketing, Persepsi, Buah Stroberi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:12
Last Modified: 19 Mar 2024 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44624

Actions (login required)

View Item View Item