PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERSTRATEGI PIKIR PLUS PADA SISWA KELAS VIII.1 SMPN 4 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009—2010

DEWI, SRI RATNA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERSTRATEGI PIKIR PLUS PADA SISWA KELAS VIII.1 SMPN 4 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009—2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ratna final.rtf.doc
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran menulis puisi yang diciptakan oleh guru dan belum tumbuhnya sikap berpikir yang inovatif serta kreatif. Hal itu berakibat pada proses belajar mengajar menulis puisi menjadi monoton dan cenderung dihindari. Latar belakang tersebut mengantarkan peneliti untuk mengangkat masalah ini menjadi penelitian dengan rumusan masalah yaitu: Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi berstrategi pikir plus pada siswa kelas VIII.1 SMPN 4 Mataram tahun pembelajaran 2009—2010?. Selanjutnya permasalahan tersebut dibatasi menjadi: (a) bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran menulis puisi berstrategi pikir plus pada siswa kelas VIII.1 SMPN 4 Mataram tahun pembelajaran 2009—2010?, (b) bagaimanakah peningkatan hasil menulis puisi berstrategi pikir plus pada siswa kelas VIII.1 SMPN 4 Mataram tahun pembelajaran 2009—2010. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Mataram pada siswa kelas VIII.1 semester gasal tahun pembelajaran 2009—2010 dengan jumlah siswa 31 orang. Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus menggunakan instrumen penelitian berupa: (a) lembar observasi guru, (b) lembar kerja siswa, (c) lembar kuisioner, dan (d) jurnal lapangan. Alur penelitian diadaptasi dari model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan datanya menggunakan metode kepustakaan, observasi, tes, dan penilaian sejawat. Hasil pelaksanaan menulis puisi berstrategi pikir plus pada siswa kelas VIII.1 SMPN 4 Mataram mengalami peningkatan yaitu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21 orang meningkat menjadi 29 orang pada siklus II, skor yang diperoleh juga meningkat dari 2.090 pada siklus I menjadi 2.335 pada siklus II. Begitu pula dengan nilai rata-rata dari siklus I 67,42 meningkat menjadi 75,32 pada siklus II. Peningkatan-peningkatan tersebut berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar klasikal yaitu dari 67,74% pada siklus I menjadi 93,54% pada siklus II, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan kemampuan menulis puisi berstrategi pikir plus pada siswa kelas VIII
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2018 06:01
Last Modified: 02 Jun 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item