ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) NTB DALAM MENSUKSESKAN PORPROV XI NTB (Studi Kasus Pelaksanaan PORPROV XI NTB 2023)

Arya, Hidayat (2024) ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) NTB DALAM MENSUKSESKAN PORPROV XI NTB (Studi Kasus Pelaksanaan PORPROV XI NTB 2023). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-ARYA HIDAYAT-L1B018018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Manajemen komunikasi merupakan sebuah proses yang penting untuk dilakukan oleh suatu organisasi dalam mencapai tujuan kegiatan yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena suatu organisasi tidak dapat bekerja sendiri dalam proses pemenuhan unsur-unsur yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut, sehingga perlu melakukan komunikasi dengan organisasi lainnya. Proses komunikasi merupakan hasil dari manajemen komunikasi yang dilakukan yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, manajemen komunikasi sangat penting untuk dilakukan dalam persiapan pelaksanaan suatu kegiatan, dalam hal ini adalah pelaksanaan PORPROV XI NTB yang dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi yang dilakukan oleh KONI NTB dalam mensukseskan PORPROV XI NTB dengan mengambil studi kasus pelaksanaan PORPROV XI NTB 2023. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Cresswell. Validasi data penelitian dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi yang dilakukan oleh KONI NTB berjalan efektif, yaitu adanya umpan balik yang diberikan oleh publik dalam proses komunikasi yang dilakukan, sehingga KONI NTB dapat melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Manajemen Komunikasi, PORPROV XI NTB, Studi Kasus
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 00:06
Last Modified: 20 Mar 2024 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44654

Actions (login required)

View Item View Item