PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PRAKTIK NIKAH SIRI (Studi Di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah)

SANTIKA, DEWI (2024) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PRAKTIK NIKAH SIRI (Studi Di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SANTIKA DEWI_D1A020477.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Kantor Urusan Agama (KUA) dalam meminimalisir praktik nikah siri yang terjadi di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah dan faktor penyebab terjadinya nikah siri di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, yang datanya bersumber dari data lapangan (primer) dan data kepustakaan (sekunder), dengan analisis kulitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini terungkap bahwa peran KUA Kecamatan Jonggat dalam meminimalisir terjadinya nikah siri ialah melakukan kerjasama dengan penyuluh non PNS, melakukan kerja sama dengan beberapa SMA dan yayasan pondok pesantren yang berada di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, untuk melakukan sosialisasi tentang pernikahan dini, pencatatan pernikahan, KUA Kecamatan jonggat melakukan pemberitahuan atau pemahaman pada saat acara perkawinan tentang dampak buruk dari adanya pernikahan yang tidak sesuai dengan prosedur hukum atau terkait perkawinan yg tidak dicatatkan. dan KUA Kecamatan Jonggat juga memberikan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. Sedangkan terkait faktor penyebebab terjadinya nikah siri di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok tengah ini disebabkan karena faktor poligami, faktor belum cukup umur, faktor hamil diluar nikah MBA (married by accident), faktor ekonomi, faktor syarat administrasi nikah, kurangnya kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya pencatatan pernikahan, dan faktor terakhir karena rendahnya tingkat pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran, Kantor Urusan Agama, Nikah Siri
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 00:06
Last Modified: 20 Mar 2024 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44658

Actions (login required)

View Item View Item