PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP FREKUENSI DAN VOLUME PEMBELIAN BUAH-BUAHAN DI LOTTE GROSIR MATARAM

Karin Sonaya, Maudina (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP FREKUENSI DAN VOLUME PEMBELIAN BUAH-BUAHAN DI LOTTE GROSIR MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KARIN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap frekuensi pembelian buah-buahan di Lotte Grosir Mataram. (2) Menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap volume pembelian buah-buahan di Lotte Grosir Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli buahbuahan di Lotte Grosir Mataram. Penelitian ini dilakukan di Lotte Grosir Mataram dengan metode purposive sampling yaitu penentuan lokasi yang dipilih secara sengaja. Penentuan jumlah responden dengan metode Quota Sampling dan pengambilan responden secara accidental sampling yaitu pengambilan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan dijumpai oleh peneliti sedang membeli buah-buahan di Lotte Grosir Mataram sehingga sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara langsung dengan konsumen buah dengan berpedoman pada daftar pertanyaan serta dengan melakukan studi dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bauran pemasaran yang meliputi: X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Tempat), dan X4 (Promosi) serta variabel X5 (Pendapatan), X6 (Jumlah Anggota Keluarga) dan X7 (Jarak) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap frekuensi pembelian buah di Lotte Grosir Mataram. (2) Bauran pemasaran yang meliputi: X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Tempat), dan X4 (Promosi) serta variabel X5 (Pendapatan), X6 (Jumlah Anggota Keluarga) dan X7 (Jarak) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap volume pembelian buah di Lotte Grosir Mataram. (3) Dari ketujuh variabel yang berpengaruh terhadap frekuensi dan volume pembelian, bauran pemasaran X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Tempat), dan X4 (Promosi) serta variabel X6 (Jumlah) Anggota Keluarga) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi dan volume pembelian buah, sedangkan X5 (Pendapatan) dan X7 (Jarak) berpengaruh positif namun non-signifikan pada taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bauran Pemasaran, Frekuensi, Volume, Pembelian
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:10
Last Modified: 25 Mar 2024 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44680

Actions (login required)

View Item View Item