POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT ADAT DESA SONGAK KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI BEJANGO BLIQ

Riyadussolihin, Ilhami (2024) POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT ADAT DESA SONGAK KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI BEJANGO BLIQ. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Riyadussolihin Ilhami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan globalisasi berhasil mempengaruhi bentuk interaksi antar manusia, tidak terlepas juga dengan masyarakat Desa Songak yang sudah terpengaruh oleh modernisasi sehingga berdampak terhadap kebudayaan dan tradisi yang sudah ada. Oleh karena itu, lembaga adat darma jagat Songak dan masyarakat berusaha merevitalisasi kebudayaan tersebut dengan atraksi budaya yang dinamakan bejango bliq. Sebuah tradisi tahunan yang tetap dilaksanakan oleh masyarakat adat Desa Songak. Hal tersebut memunculkan suatu pola komunikasi pada masyarakat adat Desa Songak dalam melestarikan tradisinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi masyarakat adat Desa Songak Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur dalam menjaga kelestarian tradisi bejango bliq. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi masyarakat adat Desa Songak Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur dalam menjaga kelestarian tradisi bejango bliq terdapat dua bentuk pola komunikasi, yaitu pola komunikasi dalam keluarga dan pola komunikasi dalam masyarakat. Pola komunikasi yang terjadi dalam keluarga, yaitu Pola Komunikasi Primer yang terdiri dari komunikasi verbal dan nonverbal serta komunikasi yang digunakan adalah otokrasi. Sedangkan, Pola Komunikasi yang terjadi dalam masyarakat, menunjukkan Pola Komunikasi Sirkular dan pada penyampaian pesannya, lembaga adat juga menggunakan komunikasi otokrasi, dimana adat istiadat dan tradisi (bejango bliq) harus tetap dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi, Masyarakat Adat, Keluarga, Tradisi Bejango Bliq
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:16
Last Modified: 25 Mar 2024 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44689

Actions (login required)

View Item View Item