PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN MAKAM PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2009/2010

KAMULA P., YELSI SISMAWATI ADE (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN MAKAM PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Siswa kelas II SDN Makam Praya, Lombok Tengah banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis, baik itu menulis kalimat, kata, suku kata maupun huruf. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya minat siswa belajar menulis dan kurangnya bimbingan dari guru dan orang tua. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa untuk keterampilan menulis rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II SDN Makam, Praya yang berjumlah 28 orang. Pembelajaran dengan metode Struktural Analisis Sintesis (SAS) mengajarkan siswa untuk menganalisis dan mensintesis struktur suatu kalimat. Analisis berarti proses menguraikan, dan Sintesis berarti proses menggabungkan. Kegiatan pembelajarannya membantu siswa untuk lebih memahami bagian-bagian kalimat, diantaranya kata, suku kata, dan huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil observasi dan catatan lapangan untuk penilaian proses sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa bisa mencapai nilai KKM 65 dan dengan persentase 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I dan II meningkat dari 77 menjadi 89 dengan selisih nilai 12. Sedangkan persentasi siswa yang memperoleh standar nilai minimal ke atas pada siklus I dan II juga meningkat dari 82% menjadi 100% dengan selisih 18%. Hal ini berarti penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, SAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2018 06:00
Last Modified: 02 Jun 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item