STRATEGI KOMUNIKASI TERAPEUTIK KOMUNITAS SENYUM PUAN DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL

Laila Mutia Arini, (2024) STRATEGI KOMUNIKASI TERAPEUTIK KOMUNITAS SENYUM PUAN DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAILA MUTIA ARINI (L1B020053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kasus kekerasan seksual setiap tahun mengalami lonjakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, sehingga korban perlu mendapat pemulihan secara psikologis dengan menggunakan pendekatan komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi terapeutik Komunitas Senyum Puan dalam menangani korban kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menerapkan teori penetrasi sosial untuk menjelaskan hubungan interpersonal yang terjalin akrab antara konselor dan korban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konselor menerapkan strategi komunikasi terapeutik yang mencakup fase-fase dan teknik-teknik tertentu. Terdapat empat fase komunikasi terapeutik yakni fase pra interaksi, fase orientasi, fase kerja, dan fase terminasi. Sementara itu, teknik-teknik komunikasi terapeutik seperti bertanya, mendengarkan, menanggapi, mengubah cara berpikir, klarifikasi, memberi informasi, persuasif, dan storytelling. Beberapa hambatan dalam melakukan komunikasi terapeutik seperti korban yang sulit terbuka, menangani korban dari jarak jauh, perbedaan nilai dan norma, serta perbedaan persepsi antara konselor dan korban.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekerasan Seksual, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Terapeutik, Komunitas Senyum Puan, Strategi Komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:16
Last Modified: 25 Mar 2024 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44691

Actions (login required)

View Item View Item