KETIDAKSADARAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI USAP MATAMU DAN CIUMLAH DINGIN PAGI KARYA IIN FARLIANI: KAJIAN PSIKOLOGI SIGMUND FREUD

Baiq Rosida, Hidayati (2024) KETIDAKSADARAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI USAP MATAMU DAN CIUMLAH DINGIN PAGI KARYA IIN FARLIANI: KAJIAN PSIKOLOGI SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ ROSIDA HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek ketidaksadaran pengarang dalam kumpulan puisi Usap Matamu dan Ciumlah Dingin Pagi karya Iin Farliani. Data dalam penelitian ini berupa larik puisi yang mengandung aspek ketidaksadaran pengarang sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer Kumpulan puisi “Usap Matamu dan Ciumlah Dingin Pagi “ Karya Iin Farliani dan sumber data sekunder biografi Iin Farliani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode studi pustaka dengan teknik simak, baca dan catat dan teknik wawancara. Instrumen penelitian berupa tabel untuk meneliti aspek ketidaksadaran pengarang melalui tiga esensi dari teori mimpi Sigmund Frued (kondensasi, pengalihan, dan simbolisasi) untuk menemukan aspek ketidaksadaran pengarang berupa pengalaman-pengalaman menyakitkan, pengalaman tidak menyenangkan, emosi gembira, hasrat, konflik, ketegangan yang tidak terselesaikan, kesedihan, keinginan dan seksual. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Usap Matamu dan Ciumlah Dingin Pagi karya Iin Farliani terdapat 20 larik puisi data dari 50 puisi yang mengandung aspek ketidaksadaran yang terdiri dari pengalaman-pengalaman menyakitkan terdiri atas 6 larik puisi data, pengalaman tidak menyenangkan terdiri atas 5 larik puisi data, Emosi gembira terdiri atas 1 larik puisi data, hasrat terdiri atas 3 larik puisi data, konflik terdiri atas 4 larik puisi data, ketegangan tidak terselesaika terdiri atas 1 larik puisi data,. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologi Sastra, Ketidaksadaran Pengarang, Iin Farliani
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:17
Last Modified: 25 Mar 2024 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44702

Actions (login required)

View Item View Item