OPTIMASI GELATIN-KARAGENAN PADA SEDIAAN GUMMY CANDIES EKSTRAK DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd.) DENGAN METODE SIMPLEX LATTICE DESIGN

DIA’UL, ADHA (2024) OPTIMASI GELATIN-KARAGENAN PADA SEDIAAN GUMMY CANDIES EKSTRAK DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima Willd.) DENGAN METODE SIMPLEX LATTICE DESIGN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI DIA'UL ADHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daun merah kastuba (Euphorbia pulcherrima Willd.) merupakan tanaman yang berpotensi sebagai antioksidan karena mengandung metabolit sekunder seperti, flavonoid, fenolik, tanin, dan terpenoid. Pada penelitian ini daun merah kastuba dikembangkan dalam bentuk sediaan gummy candies (permen jeli) untuk memudahkan dalam pengaplikasinnya dan meningkatkan kenyamanan pengguna. Konsentrasi gelling agent sangat berpengaruh terhadap sifat fisik sediaan permen jeli. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa perbandingan gelatin dan karagenan sebagai gelling agent yang memberikan sifat fisik permen jeli yang optimum dan untuk mengetahui sifat fisik formula optimum permen jeli ekstrak daun merah kastuba. Sampel daun merah kastuba diekstraksi secara maserasi menggunakan pelarut etanol 96% dan dilakukan skrining fitokimia dengan uji tabung. Konsentrasi gelatin dan karagenan sebagai gelling agent dioptimasi dengan metode simplex lattice design (SLD). Evaluasi formula sifat fisik permen jeli meliputi uji organoleptis, uji keseragaman bobot, uji pH, uji sineresis, dan uji texture profile analysis (TPA). Hasil verifikasi formula optimum berdasarkan aplikasi SLD dianalisis secara statistik menggunakan uji T pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun merah kastuba positif mengandung flavonoid, fenolik, terpenoid dan tanin. Hasil optimasi diperoleh formula optimum permen jeli yaitu kombinasi gelatin 12,5% dan karagenan 12,5%. Permen jeli formula optimum memiliki warna coklat kehijauan, aroma tutty fruty, bentuk sesuai cetakan, keseragaman bobot yang seragam, nilai pH 5,893 ± 0,037, sineresis 0,793 ± 0,012%, nilai TPA berupa kekenyalan 0,508 ± 0,011 J, kekerasan 0,698 ± 0,019 N dan kekuatan kunyah 2,303 ± 0,082 N. Sediaan permen jeli ekstrak etanol daun merah kastuba memenuhi syarat sifat fisik permen jeli yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Euphorbia pulcherrima Willd., antioksidan, permen jeli, gelling agent, simplex lattice design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:35
Last Modified: 25 Mar 2024 06:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44713

Actions (login required)

View Item View Item