POLA DAN MAKNA SIMBOLIK PENGOBATAN TRADISIONAL BEPOPOT SUKU SASAK DI DESA LENDANG NANGKA UTARA KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

HENDRA, SAPUTRA (2024) POLA DAN MAKNA SIMBOLIK PENGOBATAN TRADISIONAL BEPOPOT SUKU SASAK DI DESA LENDANG NANGKA UTARA KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HENDRA SAPUTRA (E1S019032) SKRIPSI FINNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dan makna simbolik pengobatan tradisional bepopot di Desa Lendang Nangka Utara, Kecamatan Masbagik , Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Jenis data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder dengan sumber data berupa Subjek dan Informan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman dengan prosedur yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa; (1) pola pengobatan tradisional bepopot yang terdiri atas 3 pola (a) pola sebelum pengobatan tradisional bepopot meliputi pola etiologi diagnosis, pelabelan dan perawatan penyakit dengan proses bepopot menggunakan mantra atau doar (mind agency). (b) pola disaat ritual yang terdiri dari menyiapkan bahan atau andang-andang herbal agency (tumbuhan), material agency (air 1 gelas), melakukan pengolesan dan bepopot (terapic ritual), niat/doa (mind agency). (c) pola setelah ritual dilakukan dengan mebalas samapi dua atau tiga kali (therapeutic ritual), menghindari makanan yang disukai oleh bakek (perawatan penyakit), menyerahkan bahan material agency (andang-andang), dan membuang beras sedikit supaya penyakit hilang, niat (mind agency); (2) makna simbolik terdiri atas dua makna (a) makna material meliputi bahan atau andangandang (material agency); (b) immaterial yang berupa mantra atau doa yang di baca oleh belian (mind agency).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bepopot, Pengobatan Tradisional, Pola, dan Makna Simbolik
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:32
Last Modified: 28 Mar 2024 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44746

Actions (login required)

View Item View Item