ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TULIS PADA TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA

Dayu Yulitia, Anggreni (2024) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TULIS PADA TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DAYU YULITIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kesalahan berbahasa adalah penggunaan bahasa baik secara lisan maupun tulisan yang menyimpang dari faktor-faktor atau kaidah-kaidah tata bahasa yang baik dan benar sesuai dengan aturan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam tulisan teks narasi siswa kelas V SDN 36 Cakranegara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada kesalahan berbahasa tulis pada pilihan kata/diksi, pemakaian huruf kapital, dan penggunaan tanda koma. Subjek penelitian terdiri dari 14 peserta didik kelas V SDN 36 Cakranegara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi teks narasi karya peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan uji dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa tulis pada pilihan kata atau diksi berjumlah 78 kesalahan dengan persentase 33,47%. Kemudian kesalahan pada pemakaian huruf kapital berjumlah 98 kesalahan dengan persentase 42,06%. Terakhir kesalahan pada penggunaan tanda baca titik dan tanda koma berjumlah 57 kesalahan dengan persentase 24,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Kesalahan Berbahasa, Teks Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:35
Last Modified: 28 Mar 2024 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44749

Actions (login required)

View Item View Item