IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNIVERSITAS MATARAM

EMIL, ISMAYA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMIL ISMAYA FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL EMIL ISMAYA FINAL.pdf

Download (280kB)

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program kampus mengajar dalam meningkatkan civic disposition mahasiswa prodi PPKn FKIP Universitas Mataram dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi program kampus mengajar dalam meningkatkan civic disposition mahasiswa prodi PPKn FKIP Universitas Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif digunakan untuk memahami dan menggambarkan fenomena secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya dalam menentukan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Program kampus mengajar yang berfokus pada 3 kegiatan yaitu pojok literasi, simulasi ANBK dan pembuatan rancangan pembelajaran. oleh karena itu, Melalui kegiatan-kegiatan tersebut Civic Disposition mahasiswa yang meningkat seperti karakter tanggung jawab, peduli sosial, dan toleransi. Setiap program pasti memilki faktor yang mempengaruhi baik pendukung ataupun penghambat. Begitu pula dengan program kampus mengajar, Dari faktor pendukung, program ini sangat memerlukan bantuan dari berbagai pihak terkhusus pihak sekolah, tim khusus kampus mengajar serta prasarana dan sarana yang menunjang sehingga kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang dapat berhasil dengan maksimal begitupun sebaliknya ketika 3 aspek tersebut kurang memadai maka jelas tingkat capaian keberhasilan program tersebut menjadi semakin minim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Kampus Mengajar, Civic Disposition.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:19
Last Modified: 03 Apr 2024 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44807

Actions (login required)

View Item View Item