PENGARUH KETEBALAN DAN JENIS ADHESIVE PADA PROSES SPOT WELDING PELAT BAJA KARBON RENDAH TERHADAP KEKUATAN GESER DAN STRUKTUR MIKRO

Irfan, Hakiki (2024) PENGARUH KETEBALAN DAN JENIS ADHESIVE PADA PROSES SPOT WELDING PELAT BAJA KARBON RENDAH TERHADAP KEKUATAN GESER DAN STRUKTUR MIKRO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Irfan Hakiki_F1C018023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal TA_Irfan Hakiki_F1C018023.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Kemajuan cepat dalam industri dunia telah mendorong lahirnya berbagai ide inovatif guna menciptakan produk yang lebih unggul dan berkualitas, terlebih dalam industri otomotif dalam hal teknologi pengelasan. Pengelasan adalah metode umum dalam menghubungkan logam, untuk mendapatkan hasil pengelasan yang baik ada banyak cara dan bahan yang dapat digunakan, namun adakalanya hasil pengelasan memiliki kekuatan geser yang kurang optimal dalam pengaplikasiannya, maka dari itu perlu dilakukan modifikasi pada proses sambungan guna mendapatkan nilai kekuatan geser yang optimal. Berangkat dari permasalahan tersebut penelitian ini menerapkan metode hybrid guna mencari nilai kekuatan geser optimal. Metode tersebut menggunakan dua variasi sambungan yang berbeda untuk digabungkan, yaitu proses spot welding dan adhesive bonding. Spesimen sambungan akan diuji menggunakan UTM (ultimate tensile machine) serta uji struktur mikro. Penelitian ini menggunakan baja karbon rendah dengan ketebalan 0,8 mm serta memvariasikan proses sambungan berupa pengeleman dan pengelasan titik. Menggunakan variasi jenis lem (araldite 5 menit, araldite 90 menit dan devcon 90 menit) dan variasi ketebalan (0,2 mm, 0,6 mm dan 1 mm). Dari hasil penelitian ini didapatkan kekuatan geser optimal spesimen uji, yaitu pada spesimen adhesive bonding kekuatan geser optimal terdapat pada ketebalan perekat 0,6 mm jenis araldite 5 menit sebesar 5,04 MPa, dan untuk spesimen hybrid spot welding - adhesive bonding didapatkan kekuatan geser optimal pada ketebalan 0,6 mm jenis araldite 5 menit sebesar 5,103 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ketebalan dan jenis adhesive, Hybrid spot welding - adhesive bonding, Baja karbon rendah, Kekuatan geser, Struktur mikro.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:19
Last Modified: 03 Apr 2024 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44817

Actions (login required)

View Item View Item