ANALISIS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEGAWAI BIDANG PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P2M) BNN PROVINSI NTB DENGAN MASYARAKAT PENERIMA LAYANAN (MANTAN PECANDU NARKOBA)

Laura Zalza, Pao (2024) ANALISIS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEGAWAI BIDANG PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P2M) BNN PROVINSI NTB DENGAN MASYARAKAT PENERIMA LAYANAN (MANTAN PECANDU NARKOBA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAURA ZALZA PAO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL LAURA ZALZA PAO.pdf

Download (308kB)

Abstract

Pada tahun 2022 kasus penyalahgunaan narkoba meningkat pada angka 1.138 tersangka dengan 959 kasus. Untuk mengurangi adanya penyalahgunaan atau penggunaan narkoba maka Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP NTB membuat program untuk memberdayakan masyarakat salah satunya yaitu pelatihan atau sosialisasi. Pelatihan ini ditujukan untuk masyarakat penerima layanan di desa yang sudah ditetapkan oleh BNNP NTB sebagai desa yang termasuk dalam kawasan rawan narkoba. Pelatihan pada bidang P2M BNNP NTB terbagi menjadi dua pelatihan, yaitu pelatihan lifeskill dan pelatihan softskill. Pelatihan lifeskill difokuskan untuk masyarakat penerima layanan yang pernah menjadi tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba, sedangkan pelatihan softskill diperuntukkan untuk siswa/siswi sekolah MTS/SMP dan SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antarpribadi yang terjadi antara pegawai P2M BNNP NTB dengan masyarakat penerima layanan serta untuk mengetahui respon dari masyarakat penerima layanan terhadap pelatihan yang diberikan oleh P2M BNNP NTB dengan mengambil data penelitian di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dan Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman. Menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M BNNP NTB), Komunikasi Antarpribadi, Masyarakat Penerima Layanan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:19
Last Modified: 03 Apr 2024 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44820

Actions (login required)

View Item View Item