BERBAGI RUANG SOSIAL EKONOMI: (STUDI RELASI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT HINDU-MUSLIM DI DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT)

WIRA SURA, PANGGI (2024) BERBAGI RUANG SOSIAL EKONOMI: (STUDI RELASI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT HINDU-MUSLIM DI DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIRA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
artikel jurnal.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji sejarah terbentuknya komunitas Hindu-Muslim Desa Suranadi, memahami penguasaan sumber daya komunitas Hindu dan berbagi ruang sosial ekonomi dengan komunitas Muslim, dan mengeksplorasi cara komunitas Hindu-Muslim mempertahankan keharmonisan dalam perbedaan budaya dan agama. Suranadi Selatan sebagai lokasi penelitian ini, merupakan salah satu dusun yang menarik dikaji dalam konteks relasi masyarakat Hindu-Muslim. Dengan keberagamannya warga yang tergabung dalam komunitas Hindu-Muslim Desa Suranadi dapat hidup berdampingan dan menjalin hubungan sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah para tokoh agama Hindu-Muslim dan warga Suranadi Selatan yang menjalin interaksi lintas keyakinan dan etnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, sejarah terbentuknya komunitas Hindu-Muslim desa Suranadi. Tahun 1812 transmigran dari Abiantubuh datang ke Suranadi untuk mendirikan pemukiman, dan pada zaman kekuasaan Anak Agung wilayah Desa Suranadi terbagi menjadi dua wilayah yang ditempati oleh komunitas Hindu dan Muslim. Kedua, penguasaan sumber daya oleh komunitas Hindu Bali dan relasi sosial ekonomi komunitas Hindu-Muslim melalui nyakap, perdagangan, dan pariwisata. Komunitas Hindu Bali mempunyai akses lebih terhadap penguasaan sumber daya alam di bidang perdagangan, pariwisata, dan pertanian. Akan tetapi, dalam praktiknya komunitas Hindu Bali dapat memberikan pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki kepada komunitas Muslim. Ketiga, komunitas HinduMuslim mempertahankan identitas budaya dan agama dengan cara mengedepankan sikap toleransi, menghormati perbedaan latar belakang, dan saling membantu di berbagai bidang kehidupan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hindu-Muslim, Relasi Sosial Ekonomi, Harmoni Sosial.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item View Item