SERAPAN P DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA JENIS DAN KOMBINASI BAHAN ORGANIK PADA SISTEM IRIGASI TETES

RAY HARMIDA, LORINANGGARANI (2024) SERAPAN P DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA JENIS DAN KOMBINASI BAHAN ORGANIK PADA SISTEM IRIGASI TETES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RAY HARMIDA LORINANGGARANI C1B020065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (239kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui serapan P dan pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L.) akibat pemberian beberapa jenis dan kombinasi bahan organik menggunakan sistem irigasi tetes. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok yang dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan: B0 (Tanpa Bahan Organik), B1 (10 ton/ha Pupuk Kandang), B2 (10 ton/ha Biochar), B3 (10 ton/ha Vermikompos), B4 (5 ton/ha Biochar + 5 ton/ha Vermikompos), B5 (5 ton/ha Biochar + 5 ton/ha Pupuk Kandang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi bahan organik dan kombinasinya berpengaruh nyata terhadap P-Tersedia tanah,P-Total tanah, Tinggi Tanaman, Jumlah Daun dan Lebar daun. Pemberian bahan organik tidak berpengaruh nyata terhadap pH Tanah dan Serapan P. Perlakuan yang terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan B1 (10 ton/ha Pupuk Kandang. Kombinasi terbaik pada penelitian ini adalah B5 yaitu B5 ( 5 ton/ha Biochar + 5 ton/ha Pupuk Kandang)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman Jagung, Bahan Organik, Pupuk Kandang, Biochar, Vermikompos, Serapan P
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44837

Actions (login required)

View Item View Item