STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DI ERA PASCA PANDEMI

Rian, Sri Gede (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DI ERA PASCA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIAN SRI GEDE SKRIPSI (NIM.L1B018098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL RIAN SRI GEDE (NIM.L1B018098).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai satu-satunya kawasan konservasi di NTB yang dikelola oleh pemerintah provinsi, TAHURA Nuraksa memiliki potensi sumber daya alam yang mendukung pelestarian biodiversitas, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan PAD melalui obyek wisata alam seperti panorama, air terjun, goa, dan kebun agroforestri. Sejak resmi dibuka pada April 2018, TAHURA Nuraksa menjadi destinasi wisata alternatif di Pulau Lombok yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Namun, pandemi Covid-19 menyebabkan penutupan sementara sesuai instruksi PPKM. Meskipun telah beroperasi kembali sejak era New Normal, jumlah pengunjung mengalami penurunan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Taman Hutan Raya Nuraksa dalam meningkatkan minat pengunjung di era pasca pandemi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan dan mendeskripsikan kejadian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TAHURA Nuraksa menerapkan bauran komunikasi pemasaran yang melibatkan Hubungan Masyarakat dan publisitas, Pemasaran Langsung, serta Personal Selling. Upaya ini termanifestasi melalui komunikasi online dan offline, aktivitas media sosial, dan sosialisasi di sekolah kehutanan untuk meningkatkan minat pengunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi pemasaran yang melibatkan interaksi langsung, promosi online, dan kolaborasi dengan sekolah kehutanan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi penurunan minat pengunjung di era pasca pandemi. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di masa depan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi komunikasi pemasaran, New normal, Media sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44838

Actions (login required)

View Item View Item